Video Terbaru!!

Cara PROFESIONAL Membuat Channel Youtube Baru Mulai dari NOL!! #youtubeforum

banner thread.jpg

Halooo semuanya, gimana kabar kalian? mau bikin video apa minggu ini?

Kali ini saya akan membagikan cara memulai channel Youtube mulai dari nol Smiley Sangat Senang tetapi tentu tips dan trik ini tidak hanya berlaku untuk yang ingin membuat channel baru yaa,, pokoknya berguna banget deh dan jangan kaget jika setelah membaca ini kamu mendapat banyak inspirasi untuk konten videomu bahkan untuk channel baru kamu.

Tips & trik kali berbeda dari thread saya sebelumnya karena kali ini saya akan membahasnya lebih ke konsep membangun sebuah channel Youtube Smiley Sangat Senang
Cekidot bro!

1. Kita harus benar-benar tau siapa target penonton untuk channel kita
Sebelum kita membuat sebuah channel kita wajib mengetahui siapa sih yang kita tuju? remaja? orang tua? pria? wanita? kota apa? negara mana?

Ibaratnya kita mau berjualan sebuah gergaji, maka kita sebagai produsen dan penjual gergaji ga mungkin menjual produk kita ke ibu rumah tangga usia 50-60 tahun di kota besar kan? karena jika kita tetap memaksakan demikian, kita hanya buang2 tenaga dan biaya untuk promosi ke orang yang bakalan beli gergaji kita. Maka dari itu jual lah ke perkumpulan tukang bangunan/kayu maka gergajimu akan cepat laku.

Begitu pula dengan sebuah channel. Kita perlu tau siapa yang akan mencari dan peduli dengan channel kita dan kamu juga harus membuat konten yang spesifik agar orang yang nonton ke channel kamu merasa "Ohh konten di channel ini aku banget nih!! subscribe ahh!" begitu
jika kamu hanya membuat channel yang umum/mainstream seperti gaming, beauty, ataupun vlogging dan tidak mengetahui siapa target spesifik penonton kamu maka yang terjadi adalah kamu akan sulit untuk berkembang.

2. Kita harus mengetahui keuntungan apa yang bisa kita berikan ke penonton kita!
Setelah kita mengetahui siapa target kita, kita harus bisa mengetahui dan menentukan nilai/keuntungan apa yang yang diperoleh penonton kita ketika mereka menonton channel kita.
Coba kita tanya pada diri kita sendiri,, "mengapa kita menyukai channel A" misal Agung Hapsah.. Saya menyukai channelnya Agung Hapsah karena kualitas video dia yang luar biasa sehingga mata saya terpuaskan melihat karya dia..

Kenapa bisa begitu? itu karena Agung Hapsah bisa menyampaikan dengan jelas nilai/keuntungan yang bisa kita dapat sebagai seorang penonton..
tapi bukan berarti meniru tipe video Agung Hapsah loh.. ini lebih ke cara kita mengetahui dan menyampaikan nilai/keuntungan untuk viewers.. nangkep ya?

3. Kita perlu mengembangkan Strategi Konten
Selanjutnya adalah cara kita menyampaikan kedua hal di atas kepada pada penonton kita. Jadi kita harus merencanakan strategi konten kita secara konsisten dan terus menerus agar para penonton kita selalu merasa "apapun video yang channel A tonton, aku wajib nonton karena channel ini aku banget nihh"

4. Kita WAJIB merencanakan bagaimana kita harus berkembang!
Banyak dari para Youtuber belum merencanakan hal ini. Mulai dari tampilan channel, SEO, cara agar video kita mudah ditemukan, materi apa yang banyak orang cari dan sebagainya. Terkadang tidak kita memperhatikan hal2 kecil seperti ini.

Jujur aja saya setiap hari (terutama di malam hari) selalu memikikan, besok aku promosi kemana ya? pake cara apa? materi minggu depan apa ya? kemana saya harus belajar? dimana saya bisa mendapatkan lebih banyak ilmu? gimana video saya bisa sesuai target? dsbnya.. semua itu saya lakukan demi perkembangan channel saya.

5. Sebelum promosi besar2an, upload minimal 6-10 video dulu ke channelmu
Hal ini bertujuan untuk membuat audience yang datang ke channelmu tidak merasa "ihh ni toko jualan apaan sih? barangnya dikit banget".
Tentu dong jika kamu datang ke sebuah toko dan toko tersebut hanyak menyediakan sangat sedikit barang maka misal 2 barang dengan sedikit stok, maka kamu sebagai pembeli akan malas kesitu lagi karena toko kamu belom jelas jualan apaan, stoknya belom pasti dateng kapan, dsbnya.. 

selain itu dengan adanya 6-10/lebih di channelmu membuat channel kamu terlihat lebih profesional.
nangkep ya maksudnya?

6-10 ini juga bisa kamu jadikan sebagai latihan kamu untuk membuat video lebih baik lagi

6. Saatnya promosi besar-besaran!!
Setelah kamu menyiapkan ke-lima hal di atas, sekarang kamu siap untuk menyebarkan ke semua orang yang kamu kenal maupun belom kenal Smiley Sangat Senang ga harus giveaway yaa! modalnya gede pak!

7. Evaluasi perkembangan yang sudah kamu buat!
Setelah kamu berjuang di awal selama beberapa bulan, kamu WAJIB mengevaluasi SEMUA perjuangan kamu dan hasilnya.. udah banyak yg nonton belom? yang paling banyak ditonton apa? kurangnya apa? dsbnya
Kurangi bahkan Hentikan cara kamu yang tidak menghasilkan/tidak produktif karena bakal ngabisin tenaga sama modal doang
DAN lanjutkan/ulangi terus yang menghasilkan.. jangan lupa selalu berinovasi dan tingkatkan kualitas yaa agar penontonmu semakin puas.

Berikut adalah 7 cara pasti sukses dalam membangun sebuah channel Youtube! Jika kamu bisa memakainya dan memahaminya dengan sangat baik, pasti channel kamu akan berkembang Smiley Sangat Senang jangan cepat puas dengan sebuah hasil ya!

Apakah sampai sini ada yang mau ditanyakan? jika ada langsung ke kolom komentar ya!!

👇Berikan tanggapan ke thread ini agar bisa lebih baik lagi👇

1 comment: