Video Terbaru!!

Sukses dari Channel Musik, Kenapa Engga? #youtubeforum


Memulai sebuah channel musik mungkin terlihat mudah! Namun ternyata engga semudah itu loh!
Mungkin kalian pernah berpikir seperti ini :

Youtuber : bikin cover lagu ahh, tinggal nyanyikan lagu orang, upload, kasih thumbnail, kasih judul, done
Saya : no no no no! memang inti proses nya seperti itu namun ada hal detail lain yang perlu kalian perhatikan ketika ingin membuat sebuah channel musik yang berkualitas! Tidak mudah itu bukan berarti sangat sulit lo yaa.. semua orang bisa melakukan asal dengan perjuangan.

Penting! Channel musik adalah salah satu jenis channel yang paling rawan copyright dan ter-S.U.S.P.E.N.D jika kalian tidak tahu caranya. 
Inilah hal yang perlu kalian lakukan ketika kalian ingin membuat sebuah channel musik profesional :

1. Pikirkan nama apa yang akan kalian gunakan untuk nama channel kalian!
Dalam dunia bisnis, salah satu faktor yang menentukan kesuksesan adalah nama/brand yang digunakan loh. Carilah sebuah nama original, jarang digunakan NAMUN mudah diingat! Kalau kalian bingung, di internet ada website channel name generator yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan inspirasi nama yang bagus.

2. Rencanakan konsep yang akan kalian gunakan!
Tentu kalian harus membayangkan konsep apa yang ingin kalian gunakan seperti siapa yang nyanyi, mau pake alat musik apa, mau main musik sendiri atau pake MIDI (Minus One), konsep pengambilan video dan lain2. Rencanakan dengan matang! cari inspirasi dari Youtuber yang lain dan saya sarankan cari inspirasi dari Youtuber NON-INDONESIA.

3. Kita harus mengetahui cara dasar untuk membuat sebuah channel yang profesional
Tentu hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah men-desain channel kita sedemikian rupa agar para penonton dan calon subscriber yang datang ke channel kita berpikir "wahh yang bikin niat banget nih, subscribe ah!"
untuk cara2 dasarnya kalian bisa datang ke kamar Tips & Trik, disana banyak bahan bacaan untuk mengoptimalkan channel kalian NAMUN saya sarankan kalian bisa membaca thread ini
Baca juga thread yang lain ya!

Nah setelah membuat channel yang terlihat rapi dan bagus, mari sekarang kita bikin kontennya
Berikut Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat konten musik :

1.Utamakan kualitas Musik/Audionya!
Sudah menjadi logika dasar bahwa channel musik yang bagus adalah yang memiliki kualitas audio yang bagus. Jika kalian belum mempunyai modal besar untuk membeli microphone yang bagus, paling engga anggarkan sedikit untuk beli microphone, banyak kok mic murah berkualitas di pasaran. Cari aja di Jakarta Notebook, banyak loh yang murah bagus disana! 
kalian bisa baca tips & triknya disini (lebih lengkap) >> Audio bagus tidak harus mahal!

2. Usahakan Kualitas Video yang "baik"
Walaupun Kualitas video menjadi prioritas kedua bukan berarti diabaikan sama sekali lo ya! kalian mau pake konsep apa nih dalam membuat musik video?
apakah dengan cinematografi yang kece badai layaknya artis2?
Tentu kalau menggunakan konsep ini kalian perlu mengeluarkan tenaga, waktu, pikiran dan duit! tapi jangan kaget kalau kalian tiba2 Viral yaa!

Atau kalian ingin menggunakan konsep flat seperti ini?
Jika kalian masih awal saya sarankan menggunakan konsep ini saja agar bisa menghemat uang dan waktu kalian. perhatikan sudut pengambilan gambar juga ya, usahakan ekspresi wajah kalian kelihatan.

PENTING! Mau pake konsep mana aja boleh asal carilah cahaya yang baik! jangan burem yaa!

3. Pastikan lagu yang kalian bawakan tidak membawa masalah!
Yup! maksud saya adalah Copyright! Sebelum kamu ingin meng-cover sebuah lagu pastikan tidak ber-copyright yang pelit abis yak! kalian bisa temukan copyright musik di https://www.youtube.com/music_policies

    4. Siapin diri untuk tiba2 viral yak!!
    Bonus : Channel musik adalah salah satu channel yang memiliki WatchTime/Waktu tonton yang tinggi, artinya penghasilanmu akan lebih gede! Smiley Sangat Senang

    Punya tips lain dalam berkarya dalam bidang musik?
    Kalian juga bisa tanya2 ke youtuber musik pro di forum ini yaitu @ArmanArX & @RxTrip - RJKuker

    No comments