Video Terbaru!!

Google Doodle Hari ini - Hari Ulang Tahun ke-25 Taman Nasional Ujung Kulon (26 Februari 2017)

Ulang tahun Taman Nasional Ujung Kulon ke-25 hari ini dirayakan oleh Google dengan sebuah Doodle. Kali ini, tulisan Google digambarkan dengan air yang membasahi tubuh salah satu badak yang ada dalam Doodle.

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Tatar Pasundan. Taman ini memiliki luas 122.956 ha.
Menariknya, wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya -- seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang -- menjadi bagian dari taman nasional ini. Faktanya, dari total luas taman, sekitar 443 km persegi di antaranya adalah laut. 


Ujung Kulon menjadi taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia. Selain itu, pada 1991, ia diresmikan sebagai warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Alasannya karena wilayah taman nasional ini juga mencakup hutan lindung yang luas.

Hingga kini, diketahui terdapat sekitar 50-60 badak di habitat ini. Karena itulah, Google memutuskan untuk menjadikan badak sebagai objek pada Doodle hari ini. 

Sebelum dijadikan taman nasional, kawasan Ujung Kulon merupakan daerah pertanian selama beberapa waktu. Namun, pada bulan Agustus 1883, Gunung Krakataku meletus, menyebabkan kehancuran kawasan ini dan meninggalnya seluruh penduduk di sana. Kejadian ini juga membuat kawasan tersebut menjadi sebuah hutan.

Bersama dengan Cagar Alam Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon dianggap sebagai aset nasional. Selain itu, pada 1991, UNESCO menetapkan taman nasional ini sebagai Situs Warisan Alam Dunia
.

No comments