Video Terbaru!!

Hati-hati! Akibat Kurang Tidur bisa Memperpendek Usia oleh Ayo Mikir

Ternyata Akibat Kurang Tidur bisa Memperpendek Usia

- Ayo Mikir -


Apakah Akibat Kurang Tidur bisa menyebabkan Memperpendek Umur?
kita sering kali kurang tidur dan begadang. apa sih dampak begadang bagi tubuh?

Dampak Kurang Tidur

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun tidur atau menguap sepanjang hari. Beberapa hal berikut juga dapat terjadi jika Anda mengalami kurang tidur.
  • Menderita penyakit serius
Sebanyak 9 dari 10 orang yang menderita insomnia ternyata juga menderita berbagai penyakit serius. Insomnia sendiri adalah kondisi seseorang yang susah tidur atau sulit tidur nyenyak.
Penyakit serius yang berisiko diderita oleh penderita insomnia adalah penyakit jantung, baik berupa serangan jantung maupun gagal jantung. Ketahuilah bahwa tidur berperan penting bagi kemampuan tubuh seseorang dalam menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Itulah kenapa seseorang yang kurang tidur cenderung rentan menderita penyakit serius terkait kardiovaskular.
Penderita insomnia juga mungkin menderita irama detak jantung yang tidak normal (aritmia), diabetes, stroke, atau tekanan darah tinggi.
  • Mudah sakit dan susah sembuh
Sistem imun tubuh menghasilkan protein-protein yang dinamakan sitokin. Sitokin dibutuhkan untuk membantu tubuh menghadapi infeksi, peradangan, dan stres. Saat kita sedang tidur, tubuh merilis sitokin. Jika kita kurang tidur, maka produksi sitokin ini juga akan berkurang.
Kurang tidur juga menyebabkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel dalam memerangi infeksi. Hal itu tentu saja dapat berdampak buruk kepada ketangguhan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sumber penyakit dan kecepatan proses kesembuhan secara alami.
  • Menurunnya performa seks
Para pria dan wanita yang mengalami kurang tidur dilaporkan mengalami penurunan hasrat dan kurang tertarik untuk melakukan hubungan seksual. Hasrat dan ketertarikan mereka berkurang akibat kelelahan, rasa kantuk, dan meningkatnya stres.
Bagi pria penderita sleep apnea atau masalah pernapasan yang mengganggu tidur, kemungkinan ada faktor lain yang berdampak kepada kurangnya minat seksual mereka, yaitu kadar hormon testosteron. Setidaknya separuh pria penderita sleep apnea dilaporkan memiliki kadar testosteron yang rendah dan mengeluarkan jumlah hormon testosteron yang tidak normal pada malam hari.
  • Menurunkan daya ingat
Tidur adalah saatnya memasukkan hal-hal yang telah dipelajari dan kita alami ke dalam sistem ingatan jangka pendek. Pada saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jika siklus tidur terganggu, otomatis konsolidasi ingatan pun akan mengalami gangguan.
Kurang tidur juga akan mengakibatkan seseorang cenderung mengantuk yang merupakan salah satu faktor penyebab seseorang mudah lupa. Mengantuk juga berperan penting bagi hilangnya kemampuan fokus dan konsentrasi. Jika hal ini terus berlanjut, maka jangan kaget jika ingatan Anda melemah.
  • Mempercepat penuaan dini
Apa yang akan Anda lihat pada wajah orang-orang yang kurang tidur? Kulit pucat dan mata bengkak, bukan? Jika kurang tidur terjadi terus-menerus, maka kulit akan menjadi kusam, timbul garis-garis halus, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata.

Penyebab Susah Tidur

1. KONDISI MEDIS TERTENTU
Ada banyak kondisi medis baik ringan maupun berat yang dapat menyebabkan gangguan susah tidur. Dalam beberapa kasus, kondisi medis itu sendiri menyebabkan susah tidur. Berikut ini contoh dari kondisi medis yang dapat menyebabkan kesulitan tidur malam hari antara lain:
  • Alergi hidung atau sinusitis
  • Masalah pencernaan seperti reflux
  • Masalah Endokrin seperti hipertiroidisme
  • Radang sendi
  • Asma
  • Kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson
  • Sakit kronis
  • Nyeri punggung
Sedangkan obat-obatan yang diperuntukkan untuk pilek dan alergi hidung, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit tiroid, pengendalian kelahiran, asma dan depresi juga dapat menyebabkan insomnia.
2. STRES DAN DEPRESI
Sulit tidur di malam hari dapat disebabkan oleh kondisi kejiwaan seperti stres dan depresi. Pengaruh psikologis dapat membuat seseorang sulit untuk tidur. Pada gilirannya, insomnia itu sendiri dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan perubahan hormon fisiologi yang dapat memperburuk masalah kejiwaan tersebut. Studi menunjukkan bahwa insomnia dapat memperburuk depresi.
3. KECEMASAN, PERASAAN KHAWATIR DAN GUGUP
Kebanyakan orang yang susah tidur karena mereka merasa khawatir atau gugup terhadap sesuatu, kecemasan ini mengakibatkan pola yang mengganggu tidur secara teratur. Gejala kecemasan yang dapat menyebabkan gangguan tidur meliputi :
  • Ketegangan
  • Memikirkan tentang peristiwa masa lalu
  • Khawatir yang berlebihan tentang masa depan
  • Terlalu banyak beban dan kewalahan dengan tanggung jawab
4. PEKERJAAN DAN GAYA HIDUP
Gangguan tidur dapat dipicu oleh gaya hidup, perilaku dan pola tidur itu sendiri. Gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan tidur larut malam dapat mengakibatkan insomnia.
  • Kebiasan bekerja malam hari. Kebiasaan ini membuat Anda sulit tidur pada malam hari.
  • Terbiasa tidur siang juga bagi sebagian orang menyebabkan tidur larut malam, yang pada gilirannya terbiasa.
  • Pekerjaan dengan shift atau jam kerja yang tidak menentu. Banyak orang yang memiliki waktu kerja yang tidak menentu, misalnya dalam seminggu diharuskan bekerja pagi, siang dan malam hari. Jam kerja ini membingungkan tubuh Anda mana waktu yang tepat untuk beristirahat.
  • Kebiasaan dan kurang tidur di malam hari begadang juga buruk bagi jam tidur Anda.

Sumber Penyebab dan Dampak Kurang Tidur

Sleep Duration:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3724567/

Sleep Purpose:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3701596/

Sleep and Beauty:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3001961/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23997369

Sleep Deprivation:
https://www.theguardian.com/education/mortarboard/2012/oct/09/students-beware-sleep-deprivation

1 comment:

  1. Artikel yang bagus dan menarik min, jika diperbolehkan maka jawablah pertanyaan ini. Dari beberapa Penyebab susah tidur adakah cara agar cepat tidur untuk Cara mengatasi susah tidur terutama pada malam hari. Terima Kasih….

    ReplyDelete