Video Terbaru!!

Cara Mudah Mendapat Subscriber untuk Newbie #2 (lebih Detail) #youtubeforum

halo sudah pada baca mengenai post saya kemarin mengenai Cara mendapat subcriber melalui komen? kalau belom baca dulu yak! soalnya itu juga penting

kali ini saya akan berbagi cara eksis di youtube dengan lebih detail untuk newbie, hasil saya belajar dari forum2 luar negeri. poin-poin dibawah adalah poin-poin yang menurut saya penting dalam dunia Youtube.
  
Cekidot!!
Header Channel
Ibaratnya channelmu adalah sebuah toko, kalau papan iklan di depan toko adalah wajahmu maka header channel ada wajah channelmu di Youtube. Jika kamu memang benar-benar ingin serius dalam dunia Youtube maka, kamu harus menyempatkan diri untuk membuat header channel yang bagus. sebaiknya buat viewersmu tau jadwal kamu publish video (contoh: video baru setiap hari, video baru setiap rabu, dsbnya). Banner tidak harus bagus dengan teknik editing yang hebat tapi cukup simpel aja, jelas dan mewakili "tema" dari channel kamu. tapi jika kamu tidak bisa mengedit, mintalah temanmu untuk ngeditin. banyak jalan menuju domba dude!

Header channel yang bagus dan menarik akan meningkatkan first impression

Contoh header yang menurut saya menarik dan mewakili isi channelnya. ijin untuk bikin contoh ya pak @kok bisa
Screenshot (2).png


Channel Branding / Logo
Jangan sepelekan mengenai logo! meskipun hanya tulisan (misal logo kok bisa), logo yang baik bisa membuat channel kamu terbranding dengan baik. Logo yang baik adalah logo yang mewakili channel kamu dan mudah diingat oleh viewersmu.

sekedar informasi, sebuah perusahaan rela mengeluarkan uang ratusan bahkan milyaran rupiah hanya untuk membuat atau merubah logo


298124-1000xauto-11-logo-termahal-di-dunia-ada-yang-seharga-rp-279-triliun-.jpg Pembuatan logo Pertamina yang baru menghabiskan dana sebanyak USD 350.000 atau dengan kurs sekarang setara dengan Rp 4,6 miliar.


jadi jangan sepelekan channel logo kamu yaa.. walaupun hanya foto kamu, kalau bisa mewakili channel kamu kenapa engga? tapi foto yang bagus yakk Smiley Sangat Senang


Thumbnails
Banyak subscriber/viewers hanya akan melihat thumbnail ketika mereka memilih video yang akan mereka tonton. Jadi agar video kamu bisa bersaing dengan video yang lainnya, pastikan thumbnail video kamu
  • menggunakan warna yang kontras
  • desain yang konsisten (membantu branding channel kamu)
  • tidak missleading
  • sesuai dengan isi video
  • mungkin bisa ditambah logo
  • dstnya
jangan gunakan default thumbnail dari youtube yak, sedikit usaha lahh biar viewers kamu liet perjuangan kamu dalam membuat channel.

jika thumbnailmu engga menarik, viewers pasti akan berpikir "thumbnailnya aja jelek, pasti videonya juga jelek".
tidak semua orang seperti ini sih, tp kenapa engga kamu coba bikin thumbnail yang bagus?
  
Judul Video
Judul videomu dapat menentukan "cinta pada pandangan pertama" terhadap channelmu loh! judul video juga akan menentukan videomu akan ditonton atau tidak. konsistenlah terhadap judulmu.


Channel Playlists
Bikinlah playlist di channel mu dan letakkan di home channel kamu. contoh bikinlah playlist videomu yang paling populer (memperbanyak kemungkinan orang menonton semua videomu).
Jika kamu punya konten yang berbeda, buatlah sebuah playlist setiap masing2 konten tersebut dan katakan jadwal setiap konten tersebut.

Contoh : saya punya konten eksperimen maka saya akan membuat judul playlist saya "ayo eksperimen (setiap rabu)". Hal ini akan membuat orang yg suka dengan vide eksperimenmu tau mengenai jadwal upload video eksperimenmu.

Video Trailer untuk Channel
Sebuah produk pasti membutuhkan sebuah "iklan" untuk memperkenalkan produk mereka, begitu pula channelmu! kalau kamu memang ingin serius dalam dunia youtube, bikin lah video trailer maksimal 2 menit yang isinya mengenai:
  • isi dari channelmu
  • mengapa viewers harus nonton video saya
  • mengapa viewers harus subscribe channel saya.
  • apa menariknya dari channel kamu
  • apa keuntungan nonton channel mu
  • dstnya

Contoh Trailer yang bagus menurut saya. bisa dijadikan inspirasi yaa
  
15 Detik Pertama
Dalam 15 detik awal videomu sangat menentukan para penonton akan melanjutkan nonton videomu sampai selesai atau tidak dan akan men-subscribe channelmu atau tidak. itu artinya, kita harus menunjukkan siapa diri kita dalam 15 detik tersebut dan mengeluarkan energi positif kita (entah treak atau mau stop motion ky aulion, dsbnya). kalau kita udah terlihat "loyo" di awal video, subscriber kita juga bakal "loyo" lohh.

Call To Action
Jangan Lupa untuk mengajak penontonmu meng-klik tombol subscribe dan like! tentu kalau bisa ajakan subscribe dan likenya jangan cuma via omongan aja, beri grafis juga agar power ajakannya dobel! haha

End Card
Gunakan end card di setiap video yang kamu upload. fitur end card akan membuat para penonton lebih lama stay di channelmu karena mereka akan melihat video kita yang lainnya berkat end card. gunakan kreatifitasmu yaa untuk mendesain peletakan end card.. jangan sampai end cardnya nutupin tulisan atau wajah kamu haha

Carilah subscriber yang berkualitas
Mengapa sub4sub itu tidak baik? itu karena mereka bukannya subscriber yang berkualitas. mereka subscribe karena mereka mendapat imbalan (disubscribe balik) dan kewajiban bukan karena kesukaan. jadi ketika ada video baru, belum tentu mereka akan setia menonton setiap video kita (bukan kesukaan mereka).
selain itu subscriber yang berkualitas akan selalu memberikan engagement (like, komen dan share) ke setiap video baru kita.

jadi lebih baik mempunya 100 subs tapi berkualitas daripada 1000 subs tapi hasil sub4sub Smiley Sangat Senang

  
Teruslah belajar dan bereksplorasi
Selain kamu harus belajar membuat video, edit tampilan dan lain-lain seperti yang saya sebutkan di atas, tentu kamu uga harus rajin membaca "teori" dan panduan yang diberikan oleh Youtube. secara gitu loh mereka yang punya platform haha

Contohnya kamu bisa belajar buanyak banget teknik dan cara2 ber-youtube ria disini : Youtube Akademi

kamu juga bisa loh download e-book dari Youtube disini PDF E-book - The YouTube Creator Playbook for Brands (bahasa inggris)

Teruslah belajar dan membaca! jangan lupa pengalaman adalah guru terbaik sepanjang masa! hahah

itu yang bisa share mengenai cara2 saya yang pernah saya gunakan untuk bertahan di dunia Youtube Smiley Sangat Senang

No comments