Video Terbaru!!

Audio bagus tidak harus mahal! #youtubeforum



Ketika membuat sebuah video, kualitas Audio merupakan nyawa dan "mood" pada video kita kecuali kamu membuat video bisu haha (garing). Jika kamu menggunakan suaramu di videomu, perhatikanlah apa yang viewers kamu dengar. Audio juga akan membangun kesan terhadap channelmu dan bisa sangat mempengaruhi para viewers apakah akan subscribe ke channel kamu atau tidak.
Coba posisikan dirimu sebagai seorang penonton, apakah kamu sudah merasa nyaman dengan audiomu?

Contoh kualitas audio yang kurang baik adalah adanya suara desis atau suara lain yang tidak nyambung dengan konten yang kamu bawakan.

Youtuber : Om, caranya gimana agar kualitas audio kita bagus?
Sebenernya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas audio diantaranya

Teknik Pengambilan Suara
  • Jika kamu mempunyai modal lebih untuk membuat video, alokasikan budgetmu untuk membeli mic yang lebih baik seperti merk Samson dsbnya tapi jika audio kamu terbatas kamu bisa menggunakan earphone sebagai microphone. pake earphone ori ya biar kualitasnya lebih terjamin. (ex: Samsung atau Oppo, mereka cancel noisenya bagus)
  • Jika kebetulan headphone kamu rusak, kamu bisa kok menggunakan hape aja. Caranya letakkan hapemu di permukaan yang lunak atau gantungnya hape kamu dengan tali agar meredam getaran lain yang ga jelas. Hindari memegang langsung hapenya karena getaran dan gesekan dari tanganmu pasti akan terdengar.
  • untuk kualitas audio yang lebih bersih, bisa gunakan "pop filter" untuk mengurasi hentakan udara dari mulut kita. Murah kok harganya, di Online Store hanya 30ribuan aja.
large-double-recording-cover-microphone-bop-mesh-windscreen-black-1


  • Sebisa mungkin jauhkan mic dari suara-suara yang menggangu seperti suara kipas angin, suara motor maupun suara PC. Cobalah kamu diam beberapa saat dan dengarkan apakah masih ada suara yang terdengar, jika sudah tenang. oke langsung take!
  • jika kontenmu berupa vlog dan kebetulan kamu mengambil di tempat ramai dan tidak memiliki mic yang sangat memadai, kamu bisa menggunakan teknik recap VLOG. Contohnya seperti video Agung Hapsah berikut ini :
Konsep video ini sangat membantu ketika kamu berada di dalam situasi dimana kamu tidak bisa memaksimalkan kualitas videomu.

Teknik Pengeditan Suara
Setelah kamu mengusakan semua hal di atas, terkadang ketika kita dengan kembali dengar rekaman suara kita menggunakan headset, masih terdengar suara hissing atau static noise. nah untuk itu tentu tidak bisa kamu hilangkan tanpa mengeditnya. Software yang aku rekomendasikan adalah audacity karena software tersebut gratisukuran kecil dan sudah memiliki banyak fitur untuk menunjang kualitas audiomu. Untuk caranya kamu bisa browse di google maupun youtube dengan kata kunci "cara menghilangkan noise dengan audacity".

Nah untuk pengeditan suara minimal kurangi suara2 menggangu aja, untuk edit bass maupun treble bisa untuk optional aja (kalau bisa lebih bagus).
Saya yakin dengan kamu melakukan trik-trik atas kamu dapat dengan mudah mendapatkan kualitas audio yang lebih baik dari sebelumnya.

Oke saatnya mencoba!! Kamu punya trik tambahan untuk kamu bagikan? tulis dibawah yaa!!

No comments