Video Terbaru!!

Cara Menghindari Suspend ala Ayo Mikir #youtubeforum



Strike, peringatan ataupun Suspend dari Youtube adalah suatu hal yang sangat menyebalkan dan bahkan bisa sangat mengerikan bagi seorang youtuber.
Mayoritas seorang youtuber terkena suspend mendapat pesan seperti ini :
"Akun ini telah dihentikan karena telah melakukan beberapa pelanggaran atau pelanggaran berat terhadap kebijakan YouTube terkait spam, praktik penipuan, dan konten yang menyesatkan, atau pelanggaran lainnya atas Persyaratan Layanan."

Youtuber : loh bang kan saya engga pernah nglakuin penipuan di video saya?! 
Youtuber : Apa kesalahan saya? Youtube kok engga ngasih tau penyebab saya kena suspend?
Youtuber : kenapa saya kena suspend??! 

Beberapa Youtuber yang pernah mendapat peringatan ataupun suspend pasti pernah dan seringkali menanyakan hal2 diatas.  sebenarnya semua hal yang bisa menjadi penyebab kita terkena suspend di atas bisa kita lihat disini https://support.google.com/youtube/answer/2801973
 ______________________________________________________________________________________

kalau dibahas lebih lanjut, Ada 2 hal rawan yang sering kali youtuber langgar menurut Community Guideline

Pertama
dalam poin community guideline mengenai penggunaan keyword (judul, deskripsi & tagging) terdapat tulisan sebagai berikut

[Bahasa Inggris]
Misleading metadata

Metadata refers to any and all additional information provided on a video. This includes the title, description, tags, annotations, and thumbnail. The reason we have metadata is so that you can add additional contextual information to your videos. Please do not use these features to game or trick our search algorithms. All metadata should be representative of the content contained in your video.Among other things, metadata added in an attempt to game search algorithms will lead to the removal of your video and a strike against your account.

Please select a reasonable number of tags that most closely reflect your video content. Please also only add tags to the tag section of your metadata. Adding additional tags to the description of your video may constitute spam and can result in the removal of your video.

[Bahasa Indonesia]
Metadata yang menyesatkan
Metadata mengacu pada setiap dan semua informasi tambahan yang disediakan di video. Informasi ini mencakup judul, uraian, tag, anotasi, dan gambar mini.Alasan metadata itu ada agar Anda menambahkan informasi kontekstual tambahan ke video Anda. Jangan menggunakan fitur ini untuk mempermainkan atau menipu algoritma penelusuran kami. Semua metadata harus mewakili konten yang terkandung di video Anda. Metadata yang ditambahkan guna mempermainkan algoritma penelusuran atau hal negatif lainnya akan menyebabkan penghapusan video Anda dan teguran terhadap akun Anda.
Pilih jumlah tag yang sesuai yang paling menggambarkan konten video Anda. Selain itu, cukup tambahkan tag ke bagian tag metadata Anda. Menambahkan tag tambahan ke deskripsi video Anda mungkin dianggap spam dan dapat menyebabkan video Anda dihapus.

Penjelasan
Sering kan kita sebagai youtuber memasukkan nama2 channel lain (contoh Reza oktovian, dll) entah di judul, deskripsi dan tag tapi yg channel mereka engga masuk di video kita. Contohnya konten kita Gaming dan memasukkan nama channel reza Arap di judul, deskripsi sama TAG dengan harapan akan mendapat suggested video dari channel Reza arap dan mendapatkan Traffic.

banyak channel yg menggunakan tehnik ini untuk traffic video namun itu bahaya karena rawan kena suspend, jadi bijaklah menggunakan keyword dan gunakan keywordnya tepat sasaran. 


Kedua
dalam poin community guideline mengenai penggunaan fitur komen terdapat tulisan sebagai berikut:

[Bahasa Inggris]
Video and comment spam

It's not okay to post large amounts of untargeted, unwanted, or repetitive content in videos, comments, private messages, or other places on the site. If the main purpose of your content is to drive people off of YouTube and onto another site, it will likely violate our spam policies.


[Bahasa Indonesia]
Spam video dan komentar
Anda tidak boleh mengeposkan konten yang tidak bertarget, tidak diinginkan, atau berulang dalam jumlah besar pada video, komentar, pesan pribadi, atau tempat-tempat lain di situs. Jika tujuan utama konten Anda adalah untuk mengarahkan pemirsa YouTube ke situs lain, hal ini kemungkinan melanggar kebijakan spam kami.

Penjelasan
Nah sering beberapa youtuber promosi di channel youtube lain secara berlebihan (semoga disini engga ada)..
ternyata kalau berlebihan dan spam banget akan rawan banget Kena suspend.. Jadi Hati2 aja.. 
Bijaklah menggunakan fitur komen, terlebih hindari penggunaan kata-kata kasar karena Youtube sensitif sekali dengan hal itu.



CATATAN dari penulis:
  1. Semua yang saya tulis dalam Thread ini berasal pemahaman saya dari https://www.youtube.com/yt/about/policies/#community-guidelines (bahasa Inggris)
  2. saya menggunakan 2 bahasa dalam thread ini karena untuk mempermudah pemahaman temen2 TETAPI saya lebih menyarankan yang bahasa Inggris karena terjemahan ke bahasa Indonesia terkadang aneh dan cenderung ada potensi perbedaan dari bahasa inggrisnya
  3. jika ada kesalahan atau tambahan, langsung aja mention saya di kolom komentar Smiley Sangat Senang

No comments