Video Terbaru!!

Cara Mempertahankan Penonton agar tetap di Channelmu! #1 #youtubeforum



Halooo sebagai Youtuber/Konten Kreator, Watch Time atau Waktu tonton adalah segalanya karena dengan Watch Time yang tinggi, videomu  akan terus "dipromosikan" oleh mesin Youtube, tetapi bagaimana cara untuk memaksimalkan watch timemu dan membuat penonton menonton videomu yang lain?

YouTube-Card-1
 --- YOUTUBE CARD ---
 (saya anggap kamu sudah tau apa itu Youtube card dan bagaimana cara menggunakannya ya! *kalau belom komen di bawah dan saya akan buatkan thread cara menaruh youtube card pada video*)

Kapan seharusnya kamu meletakkan Youtube Card agar lebih efektif?
ada 2 saat dimana kamu harus meletakkan kartumu
  1. Saat kamu ingin menunjukkan video lain yang relevan atau berhubungan dengan video yang saat itu sedang ditonton. Contoh : "Hai mau liat behind the scene video ini? langsung cek di pojok kanan atas untuk videonya yaa!" dan kemudian letakkan kartu tepat saat kamu menunjuk ke kanan atas.
  2. Saat Viewers mulai bosan dan mulai meninggalkan videomu! 

Youtuber : Bang taunya gimana kalau video saya berhenti di tonton sama orang?

Lewat statistik bro!!
(Inggris) Creator Studio > Analytic > Audience Retention
(Indonesia) Creator Studio > Analytic > Retensi Penonton

 Contoh:Screenshot_29.png

 Pada 365 hari terakhir, statistik menunjukkan bahwa orang akan meninggalkan video saya setelah 2 menit dan 10 detik setelah melihat video. Note: tidak semua video tetapi rata2 demikian.

Jadi artinya, saya harus membuat orang bisa tetap bertahan di video maupun channel saya dengan menyarankan mereka video yang lain. Rata-rata orang menonton 46%, artinya saya harus meletakkan kartu pada sekitar menit ke 2, dimana orang masih menonton video kita.

Jika kamu sudah mengetahui ketahanan seseorang penonton menonton videomu selama 2 menit pada 1 topik, berilah mereka saran untuk meng-klik videomu yang lain dalam kartu. Jangan sampai orang terlanjur melihat sugested video karena belum tentu suggestes video berisi videomu.

 <<< ContohScreenshot_28.png
Sedangkan untuk contoh channel saya, jika orang2 sedang menonton mengenai topik "luar angkasa dan alam semesta" maka saya akan menyajikan playlist berupa kumpulan video mengenai luar angkasa dalam kartu di kanan atas.





 nah sekarang kamu udah punya kontrol untuk mengatur apa yang viewers-mu tonton, jadi kamu wajib membuat para membuat para viewersmu 'nongkrong' di channelmu lebih lama lagi. Kamu akan mendapat lebih banyak views dan watchtime yang lebih merata. tentu akan berdampak baik pada algoritma Youtube Smiley Senang

Okee saatnya untuk mempraktekkan yaa! jangan lupa sharing-kan pengalamanmu jika berhasil!

No comments