Video Terbaru!!

Buat Thumbnail yang Menarik & Cepat itu Mudah Kok! #versiayomikir #youtubeforum



Thread ini dibuat untuk menjawab keresahan para Konten Kreator yang seringkali bingung dan tidak tahu cara membuat Thumbnail yang Kece  Badai!! Versi Ayo Mikir

Thumbnail adalah hal pertama yang penonton lihat sebelum mereka memutuskan untuk menonton videomu atau tidak, jadi pastikan pakai thumbnail yang kece abis untuk mendapatkan lebih banyak views maupun engagement.
INGAT! HARUS SESUAI DENGAN ISI VIDEO DAN JANGAN MISSLEADING YAK!

Youtuber : "om saya bingung, kira2 thumbnail bener2 bagus untuk channel saya yang ky gimana ya?"

Saya mungkin ga bisa kasih detailnya seperti apa sih tapi saya bakal ngasih tips dasar yang saya tau untuk bikin thumbnail & channel kamu menyatu.

1. Buatlah suatu desain khusus untuk thumbnail channelmu
Fungsi dari menggunakan template yang kurang lebih mirip untuk semua video di channelmu adalah untuk membangun "awareness" atau "kesadaran merk" dan "branding" di mata para pengguna Youtube. 

Coba deh tebak ini channel siapa?
Screenshot_6.png
 Pasti tau lah ya ini channel siapa haha
itu artinya channel tersebut sudah membangun "awareness" di mata pengguna youtube karena melihat sekilas saja maka kita sudah tau siapa yang upload.
selain itu menggunakan desain yang sejenis akan mempercepat kamu dalam membuat Thumbnail

2. Perhatikan ketika kamu menggunakan text pada thumbnailmu!
Jika kamu menggunakan text pada thumbnailmu, pastikan text benar-benar berfungsi dengan baik! artinya apa?

  • Mudah dibaca : pastikan text yang kamu gunakan mudah dibaca baik di pengguna komputer maupun pengguna gadget. Coba gunakan warna yang kontras (sewajarnya) untuk membuat calon penonton mudah membacanya. Contoh :Screenshot_7.pngScreenshot_8.png

  •  Konsisten : Cobalah untuk konsisten dalam penggunaan font, teknik foto yang diambil maupun jenis desain yang digunakan. Note : gunakan font yang mudah dibaca!

3. Kumpulkan stok grafis untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaanmu
Ketika kamu udah selesai ngedit thumbnailmu, bahan2nya disimpen aja jangan ditelantarin. soalnya ketika kamu kebingungan cari bahan untuk thumbnail, bahan2 lama kamu bisa dijadikan referensi. selain itu Bakal lebih cepet kan daripada kamu harus selalu bikin thumbnailmu bener2 dari nol?

4. Terkait Wajah!
Jika wajah adalah ciri khas dan brandingmu, buatlah suatu folder di komputermu yang isinya foto wajahmu yang paling menarik yang ada di setiap video. hal ini akan mempermudah mu membuat thumbnail tanpa harus foto ulang (tinggal di crop). oh ya! kamu mau pake foto tanpa crop dan kebetulan di foto masi ada space kosong,, isilah dengan tulisan yang kontras biar feelnya dapet!

5. Belajar, Belajar dan terus Belajar
Dalam dunia desain dan seni selalu diawali dengan karya yang mungkin belum terlalu bagus tapi lama kelamaan kamu akan menemukan ciri khas thumbnailmu jika kamu terus ber-eksperimen. ntar kan lama2 bagus Smiley Sangat Senang semua itu butuh proses

Kamu ga bisa nge-desain?
Banyak tutorial editing di corel atau photoshop pak di Youtube! haha rajin eksplore konten Youtube aja yak

Okee saatnya untuk mempraktekkan yaa! jangan lupa sharing-kan pengalamanmu jika berhasil!

No comments