Video Terbaru!!

Tips: 3 Cara Meningkatkan Branding Kalian



Channel branding kalian adalah cerita tentang kalian sendiri. Hal ini mencakup tentang mengapa orang harus menonton video kalian, subscribe ke saluran kalian dan bergabung dengan komunitas kalian. Branding bukan hanya logo, atau satu video populer.

Branding merupakan settingan ekspektasi dan hubungan yang kalian bangun dengan audiens kalian. Itulah yang dapat audiens kalian harapkan dalam hal konten, dan apakah identitas kalian relevan dengan mereka. Berikut adalah 3 praktik terbaik yang dapat segera kalian terapkan untuk membangun branding saluran kalian!

KONSISTENSI

Buat gambar yang konsisten dengan visual terpadu. Dari ikon saluran, thumbnails, dan channel banner/art pikirkan bagaimana kalian dapat mengemas citra kalian yang mencerminkan konten saluran kalian. 🤓

Sebelum
Screen Shot 2017-04-25 at 6.12.26 PM.png

Sesudah
Screen Shot 2017-04-25 at 6.09.33 PM.png

tapi... gapapa juga kalau kalian mau merubah branding!
Tidak apa-apa untuk menyesuaikan pencitraan branding kalian sesuai dengan pertumbuhan channel! Your branding is essentially you - semua bergantung pada kreativitas dan konten yang kalian produksi, yang notabene akan beradaptasi dari waktu ke waktu!

Sebelumnya, salah satu top beauty kreator Wengie (6.5M subs) menggunakan thumbnails dengan ciri khas huruf hitam tebal di atas gambar, dan sekarang kontennya telah beralih ke beragam fun video seperti vlog, DIY dan hacks. Dia telah menyesuaikan pencitraan salurannya dengan merubah thumbails untuk mencerminkan pergeseran ini. 

Thumbnailnya sekarang ditandai dengan warna-warna cerah neon yang cerah. Namun penting untuk dicatat, bahwa bahkan dengan pergeseran dia masih tetap konsisten selama periode waktu tertentu. Pencitraan branding harus mewakili gaya saluran kalian secara logis dan konsisten. 

Bikin Video yang Dapat Ditemukan
Branding seharusnya mempermudah pemirsa untuk menemukan video dan saluran kalian. Tag video kalian menggunakan metadata yang konsisten (informasi berbasis teks seperti judul atau tema) dan poskan video atau saluran kalian di platform media sosial. Ini akan membantu pemirsa menemukan saluran kalian lebih mudah saat mereka mencarinya.

Tip: Beberapa kreator menggunakan nama channel mereka di  judul video sehingga dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kemampuan untuk dapat ditemukan.

Screen Shot 2017-04-25 at 6.31.33 PM.png

Jadi Otentik / Orisinal
Ujung-ujungnya branding kalian harus sesuai dengan jenis konten yang kalian hasilkan. Pastikan branding tetap otentik dan terlihat pada konten dan cobalah untuk tidak menyimpang jauh dari video yang kalian produksi atau kepribadian yang kalian potret. Bisa dengan memiliki signature / ciri khas atau trademark kepribadian yang konsisten yang dapat diikuti oleh anggota audiens

contoh. Nigahiga's 'Teehee' dan kecintaan dia terhadap lampu.
Screen Shot 2017-04-25 at 6.52.33 PM.png

bisa juga dengan format dan konten yang spesifik dan konsisten
contoh . Mantra Vice's adalah "exploring uncomfortable truths and going to places we don't belong" dan segala sesuatu di saluran mereka mencerminkan hal itu. Dari logo ke video yang mereka hasilkan secara konsisten dan judul video, deskripsi dan sampul saluran mereka.

Mereka telah menciptakan ekspektasi tersebut kepada pemirsa mereka setiap kali penonton mengeklik video Vice mereka dapat pasti akan mendapatkan film dokumenter yang hebat yang mentah dan nyata.

Screen Shot 2017-04-25 at 6.50.05 PM.png

Kalian membuat saluran lalu membuat video kalian (bikin channel dulu baru memikirkan video) - bukan sebaliknya. Jadi pastikan bahwa branding kalian tetap sesuai dengan diri kalian. Pikirkan tentang cerita kalian, pesan kalian tentang saluran kalian dan kerajinan merek kalian di sekitar itu.
 
Saya harap ini berguna untuk teman-teamn! Saya ingin mendengar pemikiran kalian tentang bagaimana kalian membangun pencitraan branding saluran kalian . 🤓🤓

No comments